gangguan bipolar

Gangguan Bipolar  adalah kondisi dimana gangguan mental pada seseorang. Penderita bipolar memiliki ciri khas tertentu yang umumnya sering muncul. Salah satunya yaitu perubahan suasana hati yang secara tiba-tiba dan cukup ekstrim. Bipolar bukan serta merta hadir secara tiba-tiba, tentu saja kondisi ini datang karena beberapa sebab tertentu. Gangguan mental ini rentan terjadi pada orang dewasa dengan usia rata-rata 25 tahun.

 

Pemicu Bipolar

Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab  seorang yang mengalami diagnosa bipolar terjadi pada seseorang.

  • Faktor genetik, pemicu utama dari gangguan bipolar salah satunya adalah faktor genetik atau turunan dari keluarga. Misalnya ada kondisi di mana orang tua atau saudara kandung punya gangguan ini. Maka tentu saja Anda punya peluang tinggi pula untuk mengalami hal serupa. Peluangnya tentu lebih tinggi daripada keluarga yang tidak punya riwayat polar. Namun saat ilmuwan melakukan riset, bipolar tidak terjadi hanya karena satu gen tunggal saja. Harus ada beberapa gen yang punya kontribusi, lalu kemudian gen dan lingkungan melakukan kerjasama dan memicu kondisi bipolar.
  • Faktor lingkungan, untuk yang mengalami bipolar salah satu pemicunya juga adalah lingkungan sekitar. Ada beberapa kondisi atau peristiwa yang bisa membuat stress berkepanjangan dan membuat hidup anda berubah. Misalnya saja kondisi medis atau patah hati, mudah saja bagi seseorang mengalami bipolar karena kedua hal tersebut. Ketika seseorang mengalami stress berkepanjangan rasa gembira dan juga depresi biasanya bermunculan secara bergantian pada orang yang menderita bipolar. Penggunaan obat-obat terlarang juga bisa memicu gangguan bipolar. ada beberapa riset terdapat 60% orang yang memiliki polar harus bergantung pada obat-obatan dan alkohol. Seseorang yang punya penyakit depresi musiman atau punya gangguan kecemasan juga punya peluang tinggi untuk mengalami bipolar. Adanya trauma fisik atau pernah mengalami pelecehan seksual saat masih kecil 3 salah satu faktor lingkungan yang bisa menyebabkan bipolar.
  • Gangguan otak, ada kondisi dimana seseorang mengalami abnormal sirkuit otak sehingga menyebabkan gejala bipolar. Ciri-cirinya seperti mudah depresi dan merasa terlalu gembira. Hormon yang punya peranan penting pada dipolar kondisi ini adalah hormon estrogen yang umumnya terjadi pada wanita. Kerusakan hipokampus juga bisa menyebabkan bipolar. Ini merupakan kondisi dimana bagian otak yang menyimpan ingatan mengalami disfungsi.

 

Cara Mengatasi Bipolar

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi bipolar pada seseorang.

  • Kenali pemicu, setelah Anda memang benar-benar didiagnosa mengalami bipolar maka cara efektif dalam mengatasinya yaitu kenali pemicu dan tanda-tanda kemunculan gangguan kesehatan tersebut. Biasanya tenaga medis lebih mampu untuk membantu mengenali tanda-tanda pemicu bipolar dan juga riwayat gangguannya. Dengan mengetahui pentingnya, orang-orang juga lebih mudah untuk tahu cara menghadapi orang bipolar.
  • Terapi, umumnya dilakukan yaitu melakukan terapi psikologis. Misalnya saja dengan menggunakan metode terapi kognitif behavioral di mana terapi ini adalah terapi berbicara untuk membantu cara berpikir dan perilaku seseorang.
  • Mengubah gaya hidup, hal lain yang bisa dilakukan yaitu dengan melakukan pola hidup yang lebih sehat. Misalnya dengan berolahraga dan melakukan hobi yang disukai. Anda juga harus melakukan perbaikan pola makan serta pola tidur.
  • Mengkonsumsi obat, orang dengan bipolar biasanya mengkonsumsi obat-obatan untuk membantu mood-nya lebih stabil. Seperti lithium, obat kejang hingga obat antipsikotik. Ada yang meminumnya setiap hari dalam jangka waktu yang panjang, Ada pula yang meminum obat-obatan ini hanya pada saat gejala bipolar mulai muncul.

 

Tentu anda sekarang sudah tahu apa saja pemicu gangguan bipolar dan cara-cara mengatasinya. Karena penyakit mental ini merupakan hal yang serius maka dari itu ketika anda merasa punya beberapa kondisi seperti bipolar, harus langsung melakukan cek ke dokter. Hal ini untuk mengetahui apakah memang benar bipolar atau tidak. Jika iya maka anda bisa langsung mengetahui penindakan selanjutnya untuk penyakit mental tersebut secara benar dan tepat.

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *