Apakah kamu sedang ada di fase makan sedikit dan kurang bernafsu? Sudah mencoba berbagai cara tetapi tetapi makannya sedikit. Hal seperti ini bukan hanya terjadi pada anak-anak yaa, tetapi pada orang dewasa juga. Nah kita harus tau apa penyebabnya dan cara apa yang cocok untuk meningkatkan nafsu makan.

Jika kamu makan sedikit otomatis kamu bisa saja kekurangan energi untuk menjalani aktivitas keseharianmu. Mungkin sehari gak makan kamu masih bisa bertahan, tetapi  jika kamu tidak makan atau lupa makan setiap hari tentunya akan jadi masalah. Terutama tubuh kamu akan kurang gizi, sehingga produksi darah dalam tubuh akan menurun seimbang dengan kadar oksigen di dalam tubuh juga.

Kondisi seperti ini sudah pasti tidak baik, kalau kamu memang kamu bertujuan untuk diet atau menurunkan berat badan. Makan sedikit bukanlah solusi satu-satunya kamu juga harus menyeimbangkannya dengan olahraga dan mental yang sehat yaa.

Tips Meningkatkan Nafsu Makan Biar Tidak Kurang Gizi

Bagi kamu yang sedang ada di fase tidak nafsu makan atau makan sedikit, kamu harus segera memperbaiki kondisi ini. Kurang nafsu makan sendiri itu terjadi karena beberapa hal diantaranya kamu bisa saja mengidap penyakit tertentu, punya masalah psikologis, atau kamu mengkonsumsi obat tertentu.

Jika itu yang kamu alami, maka daripada kamu kurang gizi nantinya berikut ini ad acara meningkatkan nafsu makan bagi yang makannya terlalu sedikit:

  • Garnish Makanan

Tahukah kamu menggarnish makanan adalah bagian dari trik untuk meningkatkan gairah makan seseorang. Hal ini sebenarnya tidak hanya berlaku di restaurant saja yaa tetapi berlaku dimana saja saat kalian makan. Sehingga usahakan makanan kamu sudah digarnish dengan cantik, kamu bisa menggunakan kombinasi warna atau dengan menambahkan ornament yang menarik di makanan yang kamu sajikan.

  • Letakkan Makanan Di Dekat Kalian

Seseorang yang makan sedikit bisa jadi karena dia malas mengambilnya atau dia sedang asyik dengan apa yang dia lakukan sehingga malas untuk mengambil makanan. Oleh karena itu kalau mau meningkatkan nafsu makan usahakan makanan karbohidrat tinggi dan serat yang tinggi ada di dekat kamu. Makanan tersebut harus ada dijangkauan kamu, sehingga kamu tidak perlu usaha lebih untuk meraihnya.

  • Jangan Makan Makanan yang Bikin Eneg

Tahukah kamu kalau makanan yang rasanya kuat atau baunya kuat bisa menghilangkan nafsu makan. Oleh karena itu untuk menghindari hal tersebut usahakan jika masak daging atau ikan marinasilah dengan rempah yang agak banyak. Tujuannya untuk menghilangkan bau amis dan meningkatkan keempukan dari lauk tersebut.

  • Lakukan Olahraga

Dengan kamu melakukan olahraga ringan sebelum makan kamu bisa meningkatkan nafsu makan. Misalnya sebelum makan kamu bisa megisi aktivitasmu dengan beberes rumah, atau melakukan stretching, yoga, cardio, dan lain sebagainya yang bisa membuat kamu lapar.

  • Temukan Makanan Tambahan Lain

Apabila kamu memang tidak nafsu dengan makanan berkalori tinggi seperti nasi, maka kamu bisa coba menu yang lain. Kamu bisa membuat smoothies, makan buah-buahan, salad, dan lain sebagainya yang memang tinggi gizinya. Dengan begitu tubuh tidak akan kurang gizi dan kamu pun bisa lebih beraktivitas dengan nyaman.

  • Konsultasi Dengan Dokter

Jika memang kondisimu sudah parah, dimana sudah merambat ke gangguan psikologis sebaiknya bersegeralah menemui ahli gizi dan psikiater. Lakukan diskusi untuk mencari solusi meningkatkan nafsu makan atau untuk mendapatkan pola diet yang sehat.

Karena jika kamu tetap makan sedikit maka ingat ada bahaya penyakit yang sudah menantimu di depan sana.

  • Mengkonsumsi Obat Tertentu

Selain hal-hal di atas kamu juga bisa yaa meningkatkan nafsu makan dengan memakan obat tertentu. Tapi kamu harus memintanya ke dokter gizi, agar disesuaikan dengan kebutuhan tubuh kamu dan tidak salah nantinya.

Diantaranya biasanya obat berikut inilah yang untuk meningkatkan nafsu makan, Kortikosteroid, melakukan terapi hormonal, dan terapi lain yang membantu.

Itulah tadi beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki nafsu makan bagi yang makan sedikit. Jangan sampai kamu kurang gizi dan memicu munculnya gejala penyakit lain yang serius dan merusak tubuh kamu secara pelan-pelan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.