aplikasi trading saham

Kondisi ekonomi Indonesia diharapkan semakin pulih pasca pandemi. Di kondisi seperti sekarang, investasi saham menjadi salah satu cara berinvestasi yang tepat yang bisa dicoba. Investasi saham dapat dilakukan semua orang, mulai dari pemula hingga mereka yang sudah expert.

Apalagi sekarang ini investasi saham sudah semakin mudah karena bisa dilakukan online dengan modal awal yang bisa disesuaikan kemampuan finansial. Selain saham, Smart People juga bisa berinvestasi pada instrumen lain. Berikut beberapa rekomendasi investasi yang tepat untuk Smart People.

Rekomendasi Investasi 2022

1. Reksa dana

Salah satu cara yang tepat untuk investasi saat ini adalah melalui reksa dana. Instrumen investasi ini berupa kumpulan dana investor yang dikelola oleh manajer investasi (MI). Jadi Smart People yang ingin investasi, cukup menyetorkan modal yang kemudian akan dikelola oleh MI untuk diinvestasikan dalam beberapa produk investasi.

Biasanya dana investor yang ada pada reksa dana ini akan diinvestasikan dalam portofolio saham seperti obligasi, produk pasar uang, dan saham. Reksa dana tergolong investasi jangka panjang sehingga lebih aman.

Smart People dapat berinvestasi melalui beberapa jenis reksa dana seperti reksa dana pasar uang, reksa dana obligasi, atau reksa dana saham. Smart People tidak perlu memantau setiap hari karena dana investasi akan dikelola MI yang profesional.

2. Investasi properti

Berikutnya adalah investasi properti yang masih menawarkan peluang hasil yang cukup menarik hingga sekarang. Smart People dapat berinvestasi dengan membeli properti atau real estat untuk mengembangkan modal.

Hasil yang diperoleh dari investasi ini bisa dari penjualan properti, sewa properti, atau sewa dan penjualan properti. Harga properti yang terus naik membuat banyak orang tertarik untuk investasi pada produk ini.

Namun untuk jenis investasi ini, mungkin kurang cocok untuk pemula atau yang memiliki modal kecil. Investasi properti membutuhkan modal awal yang tergolong tinggi mengingat harga properti yang juga tinggi di pasar.

3. Investasi emas dan logam mulia

Selain properti, cara berinvestasi yang tepat dengan kondisi seperti saat ini adalah mengalokasikan dana ke logam mulia. Investasi emas atau logam mulia menawarkan imbal hasil yang cukup menarik. Smart People mungkin bisa mendapatkan hasil setidaknya dalam jangka waktu 5 tahun.

Emas juga bisa menjadi pilihan investasi yang tepat dan tergolong mudah. Smart People dapat membeli emas dengan harga tertentu dan menjualnya ketika harga naik atau lebih besar dari harga beli. Kelebihan lainnya adalah emas dapat dijual di banyak tempat sehingga Smart People dapat mencairkan hasilnya dengan mudah.

4. Obligasi

Obligasi merupakan surat utang yang diterbitkan oleh pemerintah maupun korporasi. Pemerintah biasanya menerbitkan obligasi untuk menutup defisit APBN. Obligasi dikeluarkan melalui Kementerian Keuangan yang dapat dibeli oleh para investor.

Sedangkan pada korporasi atau perusahaan swasta, obligasi diterbitkan bisa untuk tujuan mengembangkan bisnis yang lebih masif, membiayai utang perusahaan, penambahan modal usaha, dan sejenisnya.

5. Saham

Saham adalah salah satu instrumen investasi yang paling banyak diminati masyarakat Indonesia. Surat berharga ini bisa menjadi pilihan investasi yang tepat untuk Smart People dengan imbal hasil yang tinggi.

Namun perlu diingat juga bahwa jenis investasi ini juga memiliki risiko tinggi sebanding dengan peluang hasilnya. Smart People yang membeli saham, berarti menjadi bagian dari pemilik perusahaan. Artinya Smart People akan memperoleh hak-hak sebagai pemilik perusahaan seperti RUPS dan pembagian dividen.

Smart People dapat membeli saham yang diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Harga saham di pasar bursa dapat berfluktuasi atau berubah-ubah karena berbagai faktor seperti kondisi ekonomi negara, kondisi politik, dan lain sebagainya.

Sebelum membeli saham, Smart People perlu memilih jenis saham yang bagus atau memiliki potensi hasil yang bagus. Saham dari sektor makanan, keuangan, dan kesehatan menjadi beberapa jenis saham yang cukup bagus untuk sekarang ini.

Namun Smart People tentu bisa mempertimbangkan hal lain untuk menganalisis saham mana yang bagus untuk dibeli. Analisis fundamental seperti laporan keuangan perusahaan merupakan salah satu yang perlu dipelajari sebelum membeli suatu saham.

Trading Menggunakan Aplikasi RHB dengan Fitur Smart Fee

Riset fundamental dapat Smart People peroleh setiap harinya melalui aplikasi trading saham RHB TradeSmart. Bukan hanya untuk mereka yang berinvestasi besar saja, tetapi semua investor termasuk pemula dapat menikmati fitur dari aplikasi ini. Menariknya lagi, deposit awal untuk bisa memulai transaksi saham sangat murah, hanya Rp 100 ribu saja.

Fee yang ditawarkan pun tergolong yang paling murah dibandingkan sekuritas lain. Smart People dapat menikmati ‘Smart Fee’ untuk biaya trading yang lebih ekonomis sehingga peluang hasil yang akan diperoleh pun menjadi lebih besar.

Itulah beberapa rekomendasi investasi yang tepat dengan kondisi ekonomi pasca pandemi di Indonesia. Smart People dapat mempelajari lebih jauh mengenai cara berinvestasi dan strategi yang diperlukan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal.

Apakah Smart People tertarik untuk belajar investasi pada saham? RHB Sekuritas menawarkan aplikasi trading saham online yang akan membantu Smart People belajar saham melalui berbagai fitur analisis cerdas. Download aplikasi RHB TradeSmart di Play Store dan App Store untuk memulai investasi saham dengan mudah melalui smartphone.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.