Azithromycin

Sampai saat ini keberadaan virus covid 19 di Indonesia masih belum bisa diatasi. Bahkan meskipun saat ini jenis vaksin dari penyakit covid 19 sudah banyak sekali jenisnya. Tetapi lain halnya dengan jenis obat khusus covis 19 yang sampai saat ini masih belum berhasil ditemukan bahkan di Negara asalnya China.

Alhasil sampai saat ini para dokter dan tenaga medis menggunakan kombinasi dari berbagai obat – obatan untuk mengurangi efek samping yang mungkin ditimbulkan dari penyakit covid 19 ini. Meskipun belum ada bukti konkrit tentang penggunaan obat – obatan ini tetapi nyatanya penggunaan obat – obatan ini dirasa cukup untuk meringankan gejala yang muncul dari virus covid 19 ini.

Dari sekian banyak obat, ternyata ada beberap obat yang dirasa paling cocok untuk diberikan kepada orang – orang yang mengidap covid 19 ini. Berikut nama dan jenis dari obat – obatan yang biasa diberikan.

1. Azithromycin

Azithromycin ini merupakan obat yang biasa digunakan untuk mengobati adanya bakteri di dalam saluran pernapasan yang bisa menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Selain itu obat Azithromycin ini juga biasanya digunakan untuk membantu pertumbuhan imun baru didalam tubuh.

Obat Azithromycin ini tergolong kedalam jenis obat antibiotik yang dapat membantu menghentikan pertumbuhan bakteri.

2. Lopinavir – Ritonavir

Lopinavir – ritonavir ini merupakan obat yang digunakan untuk menghambat proses pembelahan virus, sehingga virus tida bisa bertumbuh dan menginfeksi tubuh orang yang terkena virus tersebut. Biasanya obat ini diberikan kepada pasien yang melakukan perawatan penyakit HIV.

Meskipun obat ini tida bisa menyembuhkan penyakit dari virus sejenis itu tetapi setidaknya pemberian obat ini dapat memperlambat proses pertumbuhan dari virus yang ada didalam tubuh.

3. Doksisiklin

Doksisilin ini merupakan obat antibiotic yang biasa digunakan untuk mengtasi penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Biasanya obat ini sering digunakan untuk mengtasai penyakit infeksi bakteri pada saluran pernapasan, saluran pencernaan, bahkan sampai jaringan lunak lainnya.

4. Klaritromisin

Klaritromisin ini juga merupakan obat antibiotic yang berguna untuk menghambat pertumbuhan bakteri yang ada didalam tubuh. Hanya saja penggunaan obat ini lebih berfokus pada infeksi bakteri yang terjadi pada saluran pernapasan dan juga infeksi pada bagian kulit.

5. Hidrosiklorokuin

Hidrosiklorokuin ini merupakan jenis obat yang biasa digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh parasite, contohnya seperti penyakit DBD dan Malarian. Selain itu obat ini juga bisa digunakan untuk orang yang mengalai linu – linu dibagian otot seperti rheumatoid arthitris. Biasanya obat ini akan diberikan untuk mengurangi rasa nyeri dan juga pembengkakan yang mungkin muncul aibat adanya peradangan pada sendi.

Itulah beberapa obat yang bisa dikombinasikan dan diberikan kepada orang yang mengidap penyakit covid 19. Meskipun memang belum ada penelitian khusus mengenai pemberian obat – obatan ini tetapi teryata sejauh ini pemberian obat – obatan ini tebukti dapat mengurangi resiko gejala yang lebih parah.

Tetapi sebaiknya jika anda mengidap penyakit covid 19 anda tetapu harus melakukan konsultasi dengan dokter terkait sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat jenis apa. Karena obat – obatan diatas bukan merupakan jenis obat yang bisa dikonsumsi dan dibeli tanpa resep dokter.

Jadi untuk pengkombinasian obat – obatan ini sebaiknya anda meminum obat – obatan ini berdasarkan rekomendasi dan arahan dari dokter terkati agar efek samping yang diberikan pun tidak terlalu parah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *