Berbeda dengan KTP yang memiliki masa berlaku seumur hidup, SIM (Surat Izin Mengemudi) hanya memiliki masa berlaku selama 5 tahun. Jadi jika sudah lewat dari 5 tahun SIM tersebut harus diperpanjang agar bisa aktif kembali. Biasanya proses perpanjangan SIM ini bisa dilakukan di kantor Polres terdekat atau di fasilitas SIM keliling yang ada di dekat tempat tinggal anda.

Namun kini untuk lebih memudahkan orang – orang dalam proses perpanjangan SIM, sudah ada fasilitas yang namanya perpanjang SIM online. Ya, semenjak pandemi segala aktivitas diluar rumah yang berpotensi menimbulkan kerumunan memang mulai dibatasi demi mengurangi angka penyebaran virus tersebut. Tapi tidak hanya itu, perpanjangan SIM online juga dipilih karena memang dianggap lebih simpel.

Dengan adanya layanan perpanjangan SIM online ini masyarakat yang akan melakukan perpanjangan SIM sudah tidak perlu repot – repot datang ke kantor SATPAS untuk mengurus segala keperluannya. Kini hanya lewat aplikasi saja semua proses bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi Digital Korlantas Polri dan mengikuti setiap langkah – langkahnya.

Tapi sebelum anda mengajukan perpanjangan SIM secara online tersebut ada baiknya anda sudah mengetahui dan mempersiapkan syarat apa saja yang dibutuhkan dalam proses perpanjangan SIM online tersebut. Berikut ini syarat apa saja yang harus anda persiapkan:

  • e-KTP
  • SIM lama
  • Pas foto dengan latar biru
  • Tanda tangan di kertas putih
  • Mengisi formulir untuk perpanjangan SIM
  • Surat keterangan lulus uji keterampilan simulator
  • Surat keterangan sehat terutama Kesehatan mata.

Selanjutnya setelah anda menyiapkan semua persyaratan diatas barulah anda masuk ke aplikasi Digital Korlantas Polri untuk proses selanjutnya. Berikut ini tahapan yang harus dilakukan dalam penggunaan aplikasi Digital Korlantas Polri:

  1. Buka website remsi Korlantas Polri di https://sim.korlantas.polri.go.id atau unduh aplikasi Digital Korlantas Polri di Play Store atau App Store yang ada di handphone anda.
  2. Setelah itu anda pilih menu “perpanjangan SIM online”
  3. Setelah itu anda pilih opsi perpanjangan SIM Online sesuai dengan jenis SIM yang akan anda perpanjang.
  4. Selanjutnya isi formulir dengan menggunakan data diri anda, jangan lupa juga masukan kode verifikasi.
  5. Tunggu sampai ada email masuk terkait verifikasi dan pengajuan yang anda kirimkan. Setelah semua terverifikasi nantinya akan muncul link pembayaran.
  6. Setelah itu anda harus melakukan pembayaran dalam waktu 1 x 24 jam. Pembayaran bisa dilakukan lewat ATM atau teller bank BRI terdekat.
  7. Setelah melakukan pembayaran nantinya SIM yang baru akan dicetak dan anda bisa memilih untuk mengambil SIM anda di SATPAS terdekat dari rumah anda atau anda juga bisa mengirimkannya langsung kerumah anda.

Dalam perpanjangan SIM online ini biaya yang harus dikeluarkan tergantung kepada jenis perpanjangan SIM yang anda lakukan. Untuk lebih jelasnya berikut ini terdapat rincian harga yang harus dibayarkan saat melakukan perpanjangan SIM online.

  • Perpanjangan SIM A/ B1/ B2 : Rp. 80.000
  • Perpanjangan SIM C/ C1/ C2 : Rp. 75.000
  • Perpanjangan SIM D/ D1 : Rp. 30.000’
  • Penerbitan SIM Internasional : Rp. 225.000
  • Tes Kesehatan : Rp. 25.000
  • Asuransi : Rp. 30.000

Itulah rincian biaya yang perlu dipersiapkan jika anda melakukan perpanjangan SIM secara online.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.