Ketika membahas soal emas, maka pikiran kita adalah soal kemewahan, keindahan dan sebagainya. Wajar saja, karena emas memang awaknya diciptakan untuk hiasan. Namun kini emas sudah mengalami perkembangan dari segi fungsi, salah satunya adalah investasi. Terdapat beberapa emas yang hadir dalam bentuk berbeda seperti emas Antam yang berbentuk kartu dan dikelola oleh Badan Usaha Milik Negara. Selain itu terdapat pula emas UBS yang dikelola oleh perusahaan swasta. Keduanya memiliki emas dalam bentuk yang sama dan harganya pun tidak berbeda jauh.

Tak heran banyak yang bertanya, bagaimana cara beli emas Antam. Namun kali ini kami tidak akan membahas itu, melainkan beberapa negara penghasil emas paling banyak di dunia. Penasaran seperti apa? Simak ulasannya sebagai berikut.

  1. China

Negara pertama sebagai penghasil emas terbanyak yakni negara China. Di mana China memiliki tempat untuk memproduksi emas mencapai 370 metrik ton di tahun 2021 lalu. Setidaknya negara ini berhasil menyumbangkan sebanyak 11% dari total produksi tambang emas di seluruh dunia.

Bahkan pemerintah negara China sendiri telah menetapkan kebijakan di lingkungannya dengan sangat terjaga. Hal tersebut mengakibatkan berkurangnya produksi sebab dilakukan dengan sangat hati-hati.

  1. Australia

Siapa sangka bahwa negara Australia yang menjadikan kangguru sebagai maskot, merupakan salah satu negara penghasil emas terbanyak di dunia. Negara ini mampu memproduksi emas mencapai 330 metrik ton. Selain daripada itu, industri mineral juga mendominasi dalam perannya untuk menghasilkan lebih dari setengah total eskpor dan mampu menghasilkan Produk Domestik Bruto (PBD) Australia.

  1. Rusia

Negara yang satu ini sudah tidak perlu diragukan lagi kekuasaannya dari segi manapun. Terlebih lagi negara Rusia merupakan salah satu negara penghasil emas terbanyak di dunia. Negara ini mampu menghasilkan 300 metrik ton di tahun 2021 lalu. Yang mana hasil tersebut sebagian besarnya dipasok ke Uni Eropa.

Pada tahun 2010 lalu, Rusia sangat konsisten melakukan produksi. Hingga pada tahun 2019 lalu, produksi emas di Rusia mampu melampaui negara Australia. Bahkan pemerintahan Rusia juga memiliki hak atas dua pertiga hasil emas yang diproduksi secara lokal.

  1. Amerika Serikat

Berikutnya ada negara adidaya yang juga berperan sebagai negara penghasil emas terbanyak di dunia. Negara ini mampu menghasilkan emas sebanyak 180 ton metrik pada tahun 2021 lalu. Negara ini bahkan terus melakukan peningkatan produksi setiap tahunnya.

Hingga pada tahun 2021 Amerika Serikat mengalami penurunan produksi dibawah 200 ton. Penurunan tersebut terjadi untuk pertama kalinya.

  1. Kanada

Kanada menjadi negara terakhir yang akan kita bahas, sebagai negara penghasil emas terbanyak di dunia. Negara ini mampu menghasilkan emas sebanyak 170 ton metrik pada tahun 2021. Negara ini memiliki tambang emas yang berada di Canadian Malatric, di mana pemilik tambang tersebut adalah Tamanan Gold dan Agnico Eagle.

Tentunya masih ada beberapa negara penghasil emas terbanyak di dunia lainnya, seperti negara kita Indonesia yang menjadi salah satunya. Untuk skala Asia Tenggara, negara kita memang merupakan salah satu yang terbesar. Seperti pertambangan yang berada di Papua, Sumatera, dan beberapa daerah lainnya.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar beberapa negara penghasil emas terbanyak di dunia. Mudah-mudahan informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan, terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.