asuransi kesehatan

Pernah merasakan kedutan mata kanan bawah? Mungkin tidak terlalu intens jadi pasti kamu mengabaikannya. Kalau dibawa ke segi medis, kedutan mata kanan bawah bisa jadi menjadi tanda kalau kamu sedang stress, kekurangan gizi, dan bisa jadi itu adalah tanda alergi.

Nah walaupun kamu punya asuransi kesehatan, gejala seperti ini harus tetap kamu perhatikan yaa. Agar tidak menjalar ke penyakit lain yang lebih serius nantinya. Dan kali ini kita akan mengulasnya mulai dari penyebabnya, pandangannya dari segi medis bagaimana, dan bagaimana cara mengatasinya.

Apa Penyebab Kedutan Mata Kanan Bawah yang Kamu Alami?

Tahukah kamu jika kedutan mata kanan bawah bisa terjadi karena ada kontraksi otot yang ada di kelopak mata kanan atas maupun kiri atas. Sehingga tidak terbatas mata kanan bawah saja, tapi kedua sisi bisa mengalami kedutan.

Walau sering kita abaikan, berikut ini penyebab kedutan pada mata yang kamu alami:

  • Mata kamu sedang mengalami iritasi yang tidak kamu sadari.
  • Bisa jadi mata kamu Lelah dengan aktivitas yang kamu lakukan, terutama yang kerjanya menatap layar gadget, laptop atau perangkat elektronik lainnya dalam waktu yang lama.
  • Gejala gejala kamu sedang stress dan mendapatkan beban pikiran yang terlalu banyak.
  • Bisa juga merupakan reaksi alergi yang kamu alami, dimana disekitar kamu ada benda yang membuat kamu alergi sehingga tubuh pun melepaskan histamin. Pelepasan tersebut mengakibatan kedutan mata kanan bawah.
  • Kamu terlalu banyak mengkonsumsi tembakau, alcohol, maupun zat kafein lain yang ada di minuman.
  • Kamu sedang mengkonsumsi obat tertentu, yang mana reaksinya bisa berupa kedutan yang sesekali kamu rasakan.
  • Kurang tidur juga bisa menjadi penyebab mata kamu kedutan

Meskipun ringan tapi ternyata kedutan yang kamu alami tersebut juga bisa karena efek penyakit tertentu. Misalnya Spasme hemifasial dan blefarospasme, kalau Spasme hemifasial kedutan yang kita alami merata ke seluruh wajah. Oleh karena itu kita memang diharuskan untuk mengkonsultasikannya dengan dokter ahli guna mendapatkan penanganan yang seharusnya.

Sedangkan blefarospasme merupakan kondisi dimana kelopak mata lebih sering berkedip dan akhirnya tertutup. Kondisi ini memang jarang tetapi tetap saja harus kamu waspadai agar segera mendapatkan penanganan yang tepat oleh dokter ahli. Karena takutnya akan mengganggu fungsi mata secara keseluruhan dan menjadi lebih sensitive terhadap cahaya.

Kedutan Mata Kanan Bawah dari Segi Kesehatan

Dalam dunia kesehatan kedutan mata kanan bawah memang tidak membahayakan. Kedutan yang kamu alami ini Bahasa ilmiahnya itu miokimia atau sering disebut orbicularis myokymia.

Miokimia merupakan kedutan mata kanan bawah yang hanya sesekali terjadi dan hanya terjadi pada satu sisi mata saja. Untuk tingkatannya juga ada, dimana berawal dari tak terasa hingga menjadi sangat mengganggu. Hal ini karena tingkat miokimia yang dialami masing masing orang bisa berbeda, ada yang hanya beberapa detik dan ada yang lebih lama bahkan hingga berhari hari. Kondisi tersebut secara medis juga masih bisa dikatakan normal yaa.

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Kedutan Mata Kanan Bawah?

Untuk mengatasinya ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Diantaranya kamu bisa tidur atau mengistirahatkan diri jika memang kamu sudah sangat Lelah. Bila akibat stress maka sebaiknya isi kegiatanmu dengan aktivitas yang menyenangkan dan bisa menyegarkan pikiran kamu. Kalau perlu kamu ambil saja cuti kamu, gunakan kesempatan itu untuk healing atau sekedar berlibur untuk menangkan pikiran.

Kemudian kamu juga bisa stop mengkonsumsi kafein, alcohol maupun rokok dengan begitu kedutan tidak akan menjadi lebih parah. Meskipun pada Sebagian orang membatasi konsumsi hal tersebut sangatlah sulit tapi bukannya tidak mungkin untuk berhenti. Karena akibatnya yang sangat membahayakan bagi kesehatan kamu.

Kamu juga bisa coba dengan memejamkan bata kamu sebentar, merilekskan apa yang kamu pikirkan. Jika kamu sedang menghadap computer maka coba tutup sejenak atau berjalanlah keluar dan lihatlah berbagai pepohonan yang menenangkan.

Jika memang kamu punya liquid untuk membersihkan dan merilekskan mata kamu maka coba saja meneteskannya (artificial tears). Tujuannya agar mata kamu tidak kering dan menjadi lebih bening.

Meskipun ini bukan kondisi serius dan kebanyakan berlangsung hanya sebentar tapi banyak juga diantara kalian yang bingung akan penyebabnya. Jika kedutan yang kamu alami hanya sebentar maka kamu bisa lakukan hal hal di atas.

Sedangkan jika sudah lebih dari seminggu sebaiknya segera periksakan agar mata kamu tidak perlahan lahan menutup dan sulit dibuka. Kasus ini sering terjadi pada mereka yang pernah injeksi botoks, operasi atau pernah menjalani deep brain stimulation.

Jika kedutan mata kanan bawah yang kamu alami disertai dengan mata merah, lalu terlihat bengkak, kelopak mata bagian atas turun, kelopak mata menutup, dan kedutan pun intens segeralah ke dokter. Pergilah ke dokter mata dan konsultasikan apa yang kamu alami.

Kamu bisa menggunakan asuransi kesehatan yang kamu pegang untuk meringankan biaya berobat yang kamu keluarkan. Dan jangan lupa konsumsi vitamin mata dan berbagai nutrisi baik lain agar tubuh kamu secara keseluruhan bisa lebih sehat. Serta jangan stress karena stress bisa memicu berbagai masalah tubuh atau penyakit yang serius nantinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.